Pendidikan dan Hobby

Monday, 26 September 2016

Analisis Sosial Media Linkedin | Word .doc


Pengenalan Perusahaan

Dikutip dalam situs resmi LinkedIn, dapat dipahami bahwa LinkedIn merupakan salah satu jejaring sosial melalui internet yang sangat besar dan bergerak di bidang profesionalitas. Perusahaan ini didirikan secara resmi pada tahun 2003 dengan Co-Founder Reid Hoffman. Jeff Weiner adalah sebagai CEO dan perusahaannya terletak di 2029 Stierlin Court Mountain View, CA 94043 United States. Sebagai jejaring sosial profesional LinkedIndapat mempertemukan para profesional untuk meningkatkan produktivitas dan kesuksesan mereka dengan berbagi ide, berita, pekerjaan, dan informasi penting lainnya.

Manfaat

Beberapa manfaat dengan menggunakan LinkedIn adalah :

  1. Untuk membuat profil professional kita secara online, dan membangun jaringan dengan yang lainnya.
  2. Mengenal orang lain yang belum kita kenal melalui jaringan orang-orang professional yang kita kenal.
  3. Menemukan hubungan baru, mengenal professi seseorang, dan keberadaan sebuah perusahaan.


Cara Kerja

Ketika membandingkan antara jejaring sosial lain dengan LinkedIn maka akan sangat jelas perbedaan yang nampak. Contohnya saja Facebook, yang hampir setiap orang di dunia pasti pernah menggunakannya. Dalam facebook pengguna diharapkan bisa terhubung dengan keluarga dan teman, berbagi momen baik foto video dan ucapan bahkan film yang disukai pun bisa diketahui oleh pengguna lain. Berbeda dengan LinkedIn yang dasarnya memperkenalkan profesionalitas dari penggunanya. Yang dibagikan bukanlah momen berharga yang dilakukan setiap hari melainkan data diri berupa riwayat pendidikan, pencapaian, pengalaman organisasi, bidang minat bakat yang disukai dan kemampuan yang dimiliki.

FITUR DASAR DIMILIKI OLEH LINKEDIN

Profil

Adalah tempat untuk menuliskan hal-hal yang dapat mempromosikan diri, baik itu asal universitas, kemampuan yang dikuasai, pengalaman yang dimiliki, dan lain-lain. Profile disini penting peranannya, karena disinilah relasi akan melihat tampilan kita pertama kali, maka pastikan untuk mengunggah foto profil yang rapih namun tetap menarik. Dari profil ini pula LinkedIn akan menilai dan memasukkan penggunanya dalam beberapa kategori agar jika ada informasi yang mendekati minat pengguna, LinkedIn dapat memberikan rekomendasi.

Contact

Adalah fitur yang berhubungan dengan relasi. Dengan fitur ini pengguna dapat menjaring banyak teman baru, baik dari teman lama yang sudah terhubung lewat Facebook maupun email, dan juga teman baru yang pengguna temui di LinkedIn untuk pertama kalinya.

Group

Adalah fitur yang membantu pengguna terhubung dengan pengguna lain yang memiliki latar belakang atau ketertarikan yang sama. Groups sendiri menyediakan empat menu, yaitu 

  1. Your Groups (Groups apa saja yang Pengguna ikuti)
  2. Group You May Like (beberapa groups yang direkomendasikan LinkedIn untuk Pengguna)
  3. Groups Directory (jika Pengguna ingin mencari sendiri group yang Pengguna inginkan)
  4. Create Group (yang memfasilitasi Pengguna membuat sebuah group sendiri.)


Job

Adalah salah satu fitur penting di LinkedIn yang sangat membantu pengguna yang ingin mencari lowongan pekerjaan. Cukup ketikkan jenis pekerjaan apa yang pengguna inginkan dan LinkedIn akan menampilkan beberapa jobs yang sesuai. Jika pengguna tidak dapat menemukan jobs yang diinginkan di kolom Jobs Home, maka carilah di kolom Advanced Search.

Companies

Di fitur ini Pengguna dapat menemukan banyak akun perusahaan yang dapat pengguna follow untuk mendapatkan informasi terbaru dari mereka. Pengguna juga dapat menemukan informasi peluang bisnis, pembukaan pekerjaan dan lainnya. Selain itu pengguna juga bisa melihat siapa saja yang baru bergabung, berhenti, maupun yang dipromosikan oleh perusahaan yang pengguna follow.

News

Adalah fitur yang menyediakan informasi terhangat seputar LinkedIn kepada penggunanya. Selain itu fitur ini juga menyediakan informasi seputar dunia pekerjaan yang pengguna minati. 


FITUR-FITUR PENTING LINKEDIN

1. Portfolio Profil

Beberapa bulan yang lalu, LinkedIn meluncurkan fitur portfolio yang dapat ditambahkan bagian ringkasan, pengalaman atau pendidikan di profil pengguna. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang berprofesi sebagai pekerja seni atau yang mereka berhubungan dengan dunia visual, seperti desainer grafis, ilustrator, sutradara, arsitek dan fotografer. Pengguna hanya perlu memasang taut ke situs/blog/video yang berisi karyanya dan LinkedIn akan otomatis mengolahnya untuk ditampilkan di profil pengguna.

2. LinkedIn Pulse

LinkedIn Pulse adalah halaman berisi berbagai berita yang ditulis oleh para pengguna LinkedIn lainnya. Dengan topik yang luas dan variatif, pengguna dapat melihat berita yang direkomendasikan LinkedIn pada bagian “Your News”, membaca post yang populer dari tokoh yang sukses di bidangnya pada bagian “Top Post” dan juga mencari topik lainnya di bagian “Discover”. Selain mendapatkan manfaat dari isi topik yang ditulis, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan para penulisnya untuk memperluas jaringan.

3. LinkedIn Education

Fitur terbaru LinkedIn ini memampukan pengguna untuk mem-follow halaman universitas seperti halnya halaman perusahaan. Dengan begitu, pengguna dapat mengidentifikasi para alumni atau berita terbaru dari universitas mereka. Para perekrut juga dapat langsung memilih calon karyawan lulusan universitas yang mereka inginkan.

4. Database Kontak

LinkedIn menawarkan kemungkinkan untuk sinkronisasi daftar kontak dengan platform lainnya, seperti Gmail. Jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, ia dapat melihat dengan siapa saja interaksi yang terjadi baik dari LinkedIn maupun platform lain tersebut. Informasi dari profil kontak juga ditampilkan oleh LinkedIn. Untuk menggunakan fitur ini, klik ikon berbentuk roda di sebelah kanan atas halaman “Connections” lalu pilih platform email yang ingin disinkronisasikan.


5. Tag Kontak

Pengguna dapat memberikan tag pada setiap kontak untuk memberikan kategori agar dapat memudahkan pencarian. Beberapa nama tag yang populer untuk digunakan antara lain “kolega”, “bos”, “teman kuliah” atau “teman sekolah”. Selain kategori berdasarkan jabatan, jenis tag yang juga umum digunakan adalah tag berdasarkan jenis industri, seperti “marketing”, “desain” atau “hukum”. Untuk menggunakan fitur tag, letakkan kursor di atas nama pengguna di halaman kontak lalu klik “Tag”.

Fitur LinkedIn lainnya yang sangat berguna untuk memperluas jaringan adalah “Who viewed your profile”, namun fitur ini lebih dititikberatkan pada pengguna LinkedIn Premium. 

LinkedIn kaitannya dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Tentu saja LinkedIn masuk ke dalam golongan sistem informasi mengingat semua basis data yang dimiliki dan diolah akan menghasilkan informasi yang sangat berguna bukan hanya kepada penggunanya melainkan ke perusahaan juga.

Setiap data yang di input oleh pengguna akan menjadi suatu informasi penting bagi pengguna itu sendiri. Salah satu contohnya adalah data tentang pengalaman kerja dan pendidikan yang ditempuh pengguna, selain tersimpan dengan aman dalam storage LinkedIn juga dapat di ubah menjadi CV sebagai pelengkap untuk melamar kerja ataupun sebagai informasi penting agar bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Dengan segala informasi yang ada membuat pengguna terkoneksi dengan pihak lain, bisa karena kesukaan dalam bidang yang sama ataupun karena adanya suatu kepentingan tiap pihak misalnya pencarian tenaga kerja atau sekedar membagi ide kreatif.

Selain itu dari pihak LinkedIn juga menyiapkan informasi berupa berita-berita penting terkait preferensi yang dipilih pengguna sehingga pengguna benar-benar merasa nyaman untuk memakai jejaring sosial tersebut. Contohnya ketika pengguna tertarik dalam bidang pendidikan maka kolom news akan berisi berita tentang pendidikan.

Pengelolaan informasi menjadi tujuan utama dalam jejaring sosial ini disebabkan setiap detail informasi yang ditampilkan memang adalah penting dan sangat berguna bagi setiap pihak yang bergabung dan membutuhkan informasi tersebut. Sehingga setiap tata kelola data menjadi informasi sangat harus dipikirkan secara matang dan lengkap.

Kesimpulannya LinkedIn merupakan situs jejaring sosial yang bergerak di bidang yang lebih profesional dari situs jejaring sosial yang lain. Setiap pengguna situs tersebut merupakan pengguna yang merasa cocok dengan konsep unik yang ditawarkan LinkedIn yaitu diperuntukkan untuk para kalangan profesional, seperti para eksekutif dan karyawan perusahaan, para pebisnis atau pengusaha, bahkan juga ada para pencari kerja dan para headhunter. Selain itu manfaat LinkedIn seperti yang umumnya diketahui oleh para profesional adalah untuk menghubungkan para profesional di seluruh dunia dalam rangka berdiskusi tentang topik-topik yang berkaitan dengan keahliannya, mendapatkan informasi terbaru yang berkaitan dengan profesi dan keahlian yang dimiliki.


Download Wordnya DISINI


Share:

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive

Followers