Pendidikan dan Hobby

Friday, 23 September 2016

Executive Summary (Ringkasan) - IoT (Internet of Things) | Word .doc


Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

A. Pendahuluan

Dewasa ini, Internet adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan manusia di era globalisasi. Salah satunya ada IoT atau Internet of Things, sekilas mengenai IoT, IoT adalah suatu sistem yang telah dikembangakn dari internet itu sendiri untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dari jarak yang tidak terbatas. Seperti halnya CCTV rumah yang dikendalikan oleh pengguna nya dari jarak yang jauh melalui internet sehingga pengguna CCTV tersebut tidak perlu diam di suatu tempat dan mengawasi setiap monitor yang terhubung dengan CCTV tersebut.

B. Laporan Kajian

1. Lingkungan

Dengan diterapkannnya IoT maka terciptalah lingkungan bisnis yang menggunakan sistem IoT, diantaranya suatu hal yang dikendalikan dari jarak jauh dan pengoperasian melalui jaringan internet dari suatu bisnis tersebut. Contoh: e-Governement, e-Learning, e-Commerce, SmartCity


2. Market

Dari sistem IoT ini banyak hal yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dari jarak jauh, dan dapat terciptanya suatu lingkungan pasar baru yang menerapkan sistem IoT dalam pengoperasian nya, salah satunya adalah sistem yang digunakan oleh beberapa intansi atau organisasi yang menggunakan RFID sebagai sistem untuk memasuki suatu ruangan atau RFID pada Intansi pendidikan untuk melakukan absen, maka dari itu lingkungan pasar yang menggunakan IoT adalah suatu organisasi bisnis atau perusahaan yang menggunakan sistem High Technology dalam menjalankan perusahaannya.

3. Value Creation

Dari IoT ini tentunya banyak hal yang dapat digunakan dengan mudah, dengan cara meningkatkan efisiensi kerja dengan tidak menambah biayaketika melakukannya, Contoh : seorang security yang harus duduk dan berdiam menatap monitor CCTV untuk mengawasi adanya pencuri yang memasuki suatu tempat, dengan IoT CCTV dapat diawasi oleh pemilik tempat tersebut dengan menggunakan ponselnya melalui koneksi Internet, dan bila ada pencuri yang masuk, maka pemilik tempat dapat menekan tombol di ponselnya yang langsung terhubung dengan kepolisian setempat dan polisi tersebut akan datang kerumah dengan melihat hasil rekaman CCTV dari rumah tersebut untuk memastikan kebenaran dari persitiwa tersebut. Hal ini sungguh dapat menekan biaya operasi dari security tersebut dan meningkatkan nilai dari keamanan suatu tempat karena dalam hitungan detik suatu kejadian pencurian dapat langsung di antisipasi oleh kepolisian setempat.

4. Business Model

Model bisnis IOT sangatlah luas karena definisinya akan embaurkan lapisan perangkat, sensor, dan kekuatan komputer yang terhampar diseluruh industri konsumen, B2B, dan pemerintah. IOT memperhitungkan jumlah koneksi besar yang semakin meningkat 1:9 miliar perangkat masa kini dan diperkirakan akan ada 9 miliar perangkat sampai tahun 2018. Dalam ruang konsumen, banyak produk dan layanan yang sudah pindah ke IOT, termasuk peralatan dapur dan rumah, pencahayaan layaknya lampu pintar, dan perangkat pengawasan perusahaan asuransi mobil yang memungkinkan pengendara membayar asuransi hanya untuk jumlah mengemudi yang mereka lakukan.

Contoh nyata aplikasi IoT dalam B2B dan pemerintahan :
  • Iklan dan pemasaran yang terkoneksi internet, Cisco percaya bahwa kategori ini akan menjadi tiga terbesar kategori IoT, bersamaan dengan smart factories dan sistem pendukung telecommuting
  • Jaringan listrik pintar yang menyesuaikan tarif untuk penggunaan puncak energi. Jaringan ini mampu menghemat US$200miliar hingga US$500miliar per tahun sampai tahun 2025 berdasarkan McKinsey Global Institute
  • Sistem air cerdas yaitu dengan meletakkan sensor pada pipa sehingga mampu mengurangi kerugaian akibat kebocoran air.
  • Uji coba penggunaan kulkas dan mesin kopi pintar yang dilakukan oleh starbuck juga merupakan contoh nyata bagaimana kini industri mulai mengaplikasikan IoT


5. Infrastructure

Infrastructure bisnis IoT meliputi jaringan internet dan perangkat keras yang terhubung dalam pengaplikasian internet salah satunya di indonesia yaitu telkom berperan besar dalam Infrastruktur IoT, karena Telkom sebagai provider penyedia internet terbesar di indonesia, dan juga perangkat IoT salah satunya yaitu cisco yang membuat router internet.

C. Hasil Perbandingan

Perbandingan IoT yang bisa kita lihat saat ini seperti yang diterapkan di kota bandung yaitu IoT berbentuk aplikasi di perangkat mobile. Aplikasi Panic Button menghubungkan langsung ke instansi kepolisian, rumah sakit bahkan pemadam kebakaran dengan hanya menekan tombol tersebut, dibandingkan dengan cara konvensional dengan menelpon pihak kepolosian itu membutuhkan waktu yang lama dan rata-rata masyarakat indonesia tidak mengetahui nomor-nomor instansi penting di indonesia bahkan termasuk tidak efisien karena tidak memanfaatkan secara maksimal teknologi internet. 


D. Analisa Kajian

Jadi analisa kami terhadap IoT bahwa IoT yang digunakan untuk membantu kegiatan sehari hari memberikan peluang yang menguntungkan bagi pengguna sistem tersebut dimana seluruh pekerjaan dapat dipermudah dengan adanya IoT melalui jaringan internet, namun itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga membutuhkan human resource untuk pengoperasian perangkat IoT karena itu semua tidak sepenuhnya berjalan otomatis melainkan dibutuhkan smart user dalam pengoprasiannya.

E. Kesimpulan

Dari semua kajian ini dapat disimpulkan bahwa teknologi IoT akan berperan besar dalam kemajuan teknologi di indonesia dengan cara membantu pekerjaan pekerjaan manusia yang tidak bisa dilakukan dari jarak jauh serta dapat menciptakan lingkungan bisnis baru yang berbasis teknologi informasi dimana semua itu adalah lingkungan pasar baru yang diramalkan akan ramai digunakan dimasa yang akan datang.

F. Rekomendasi

Semoga pemerintah dapat mengatur dan mengembangkan teknology IoT beserta regulasinya dan dapat mengimplementasikan teknologi tersebut di negara NKRI ini.


Download Word nya DISINI


Share:

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive

Followers