Pendidikan dan Hobby

Sunday, 2 July 2017

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Pengertian Virus

Virus Komputer adalah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan kemudian menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Istilah virus dalam komputer dapat juga di analogikan dengan virus biologis yang sifatnya menyebarkan diri dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel mahluk hidup.

Tentu saja dengan adanya virus akan dapat merusak atau menggangu, misalnya dengan merusak data pada dokumen, memperboros ruang memori penyimpanan, hingga memberikan efek buruk pada perangkat keras.


Jenis-Jenis Virus Komputer

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer
Jenis-Jenis Virus Komputer  | Sumber Gambar : ComputerNET News

Virus komputer  sendiri memiliki beragam jenis, ini di gunakan sebagai sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dari cara kerjanya, virus komputer dapat di kelompokkan ke dalam kategori seperti berikut ini.

1. Trojan

Virus dengan jenis Trojan akan mengambil data pada komputer yang telah berhasil di infeksi dan kemudian mengirimkannya pada pembuat Trojan itu sendiri.

2.Worm

Worm bekerja dengan menduplikat dirinya sendiri pada hardisk. Dan ini membuat memori hardisk menjadi penuh akan file yang terinfeksi virus worm.

3. Rootkit

Merupakan virus yang bekerja menyerupai kerja sistim komputer yang biasa saja.

4. Polymorphic virus

Virus jenis ini gemar berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi sistim dan antivirus.

5.Spyware

Spyware di buat untuk memantau komputer yang terinfeksi, kemudian hasilnya akan di kirimkan pada si pembuat spyware itu sendiri.

6. Virus ponsel

Merupakan virus yang di cipatakan berjalan di telepon seluler dan mampu menimbulakn berbagai efek, mulai dari merusak sistim telepon seluler, mencuri data, hingga membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

7.Backdoor

Jenis virus ini hampir sama dengan Trojan, namun Backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja, misalnya seperti game.

8. Metamorphic virus

Virus ini mampu mengubah pengkodeannya sendiri agar tidak dapat terdeteksi.

9.Rogue

Jenis ini merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layakanya antivirus normal, dan biasanya akan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus yang menginfeksi sistim.
Tujuannya tak lain untuk menakut-nakuti atau memperdaya pengguna agar membeli dan mengaktivasi program antivirus  palsu tersebut dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue.
Kejadian seperti ini sangat sering di alami pengguna komputer, bagi pengguna awam yang kurang paham bisa saja tertipu dengan program  tersebut, hingga mereka mau membeli atau mengaktivasi antivirus fake tersebut. Efeknya tentu saja kerugian finansial bagi korban.


Cara Kerja Virus

Pada umumnya virus komputer dapat merusak perangkat lunak dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer, tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program, sehingga memaksa komputer bekerja hingga over process ke perangkat tertentu sperti memori RAM dan hardisk.]

Seperti kita ketahui penggunaan sistim operasi komputer saat ini di dominasi oleh sistim operasi Windows yang digunakan hingga 95% oleh pengguna di seluruh dunia, dan sisanya seperti Linux/GNU, MAC. IBM dan lainnya. Virus yang paling berbahaya atau masuk dalam kategori ganas akan dapat merusak hingga ke perangkat keras komputer.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri sehingga membuat sumber daya komputer seperti penggunaan memori hardisk berkurang secara signifikan. Ini bisa terjadi karena file yang terus di gandakan secara terus menerus tanpa henti, hingga membuat ruang memori membengkak.


Cara Mengatasi Virus

Pengertian Virus Komputer Dan Jenis-Jenis Virus Komputer

Serangan virus tentu saja dapat di atasi dengan menggunakan antivirus terbaru. Dan jangan lupa untuk tetap mengupdate antivirus secara rutin, sehingga bila mana ada update dari si pembuat antivirus untuk mendeteksi virus-virus baru dapat anda gunakan.


Sumber : internetcepat.com


Share:

1 komentar:

Thanks gan, sangat bermanfaat

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Follow Admin

Followers